Selasa, 02 Juli 2013

SECREETS OF HAPPY COLLEGE LIFE

Beda dengan masa SMA, saat kuliah kita dituntut untuk lebih mandiri dan inisiatif. Biar makin siap jadi mahasiswa, nahh..aku mau share beberapa rahasia suksesnya yahh.. check this out !


SISTEM BELAJAR
Sekolah
©       kelas dan jadwal pelajaran sudah diatur dan langsung diberitahukan sejak awal semester.
©       Di beberapa sekolah, sudah ada system moving class, yaitu system perpindahan kelas sesuai dengan mata pelajaran yang diambil pada setiap pergantian jam pelajaran.
Kuliah
©       kita akan berkenalan dengan system SKS (Satuan Kredit Semester). Dengan sistem ini, mahasiswa memilih sendiri mata kuliah yang akan diambil dalam satu semester. SKS digunakan sebagai ukuran besarnya beban studi dan tolak ukur keberhasilan mahasiswa selama kuliah. Kerena mahasiswa dinyatakan lulus kalau berhasil menyelesaikan jumlah SKS tertentu. For example program sarjana (S1) mensyaratkan mahasiswanya untuk menyelesaikan 144-160 SKS.
©       Memilih mata kuliah dikenal dengan sebutan Rencana Studi. Kalau disetujui oleh dosen wali.

WAKTU SEKOLAH
Sekolah
©       Jadwal sekolah tetap setiap harinya sesuai ketentuan sekolah masing-masing dan enggak ada waktu jeda yang panjang
Kuliah
©       Jadwal kuliah sesuai dengan mata kuliah yang diambil. Bias saja mata kuliah pertama kita jam 7-10 pagi, lalu nunggu mata kuliah berikutnya yang mulai jam 4 sore. Kadang jeda lam begini bikin malas kuliah. Tapi ingat, absensi sangat mempengaruhi nilai dan izin untuk bias mengikuti ujian.

SOCIAL LIFE
Sekolah
©       Lebih mudah mencari teman dekat karena kelasnya enggak berubah selama setahun.
Kuliah
©       Butuh waktu untuk bisa memiliki teman dekat saat kuliah, karena jumlah mahasiswanya lebih banyak dan ada beragam kelas berbeda. Dekati teman yang sering sekelas dengan kita, atau ikut kegiatan kampus yang positif. Akrabkan diri sama senior juga. Kalau sudah akrab, kita bias pinkam buku mereka atau minta saran saat mengerjakan tugas kuliah J

EKSTRAKULIKULER &  ORGANISASI
Sekolah
©       Diwajibkan memilih satu ekstrakulikuler.
©       OSIS hanya focus mengurus kegiatan-kegiatan di dalam sekolah.
Kuliah
©       Ekstrakulikuler disebut Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Sedangkan OSIS bentuknya adalah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) atau Senat. BEM atau Senat lebih kritis dari OSIS. Enggak hanya mengurusi isu atau kegiatan kampus, tapi juga isu social. Kita enggak diwajibkan ikut UKM atau BEM, tapi kalau ikutan bakal dapat banyak manfaat. Bias menambah teman yang seangkatan serta senior, membentuk jaringan social yang bias berguna saat kerja nanti, bias bikin akrab dengan dosen dan rektor, bahkan ikut lomba ke luar negeri.

MATERI PELAJARAN & PENGAJAR
Sekolah
©       Materi pelajaran dengan detail dan menyeluruh sesuai kurikulum pendidikan yang berlaku. Buku dan sumber materi pelajaran lain yang wajib kita miliki disediakan oleh sekolah. Siswa bersifat pasif, guru yang lebih aktif.
©       Guru akan marah atau menegur siswa saat kita enggak mengumpulkan tugas atau bolos sekolah.
©       Ada kesempatan perbaikan nilai lewat remedial.
Kuliah
©       Dosen hanya berfungsi sebagai fasilitator yang mebantu mahasiswa menyelesaikan tugas kuliah. Jadi sebaiknya kita juga aktif mencari informasi tambahan lewat buku atau internet.
©       Dosen enggak menegur kita karena enggak ngumpulin tugas. Semua itu tanggung jawab sendiri. Kehadiran dan kelengkapan tugas kita berpengaruh sama nilai di akhir semester.
©       Enggak ada remedial. Nilai hanya bisa diperbaiki dengan mengulang mata kuliah tahun depan atau ikut kuliah tambahan di semester pendek saat liburan. Nilai akhir semester berpengaruh pada Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Semakin besar IPK, makin banyak mata kuliah semester berikutnya yang bisa kita ambil, jadi bisa cepat lulus. Yeeey !

kaWanku no. 146/2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar